Latest Post

Selasa, 05 Juni 2012

KIAT-KIAT MENAIKKAN PAGERANK BLOG

Unknown | 05.12 |

Praktek BlogPRAKTEK BLOG. Menaikkan pagerank blog merupakan sebuah tantangan tersendiri, utamanya bagi segenap pemilik blog/website. PRAKTEK BLOG dalam hal ini berpendapat bahwa seorang blogger akan merasa memiliki gengsi tersendiri bilamana blog/web yang dikelolanya memiliki peringkat (pagerank blog) yang tinggi. Pagerank sebuah blog/web tidak akan datang dengan sendirinya (otomatis), melainkan harus selalu dan selalu kita upayakan.

Pada artikel yang lalu telah dibahas tentang pengertian sebuah pagerank blog, yaitu merupakan sebuah algoritma yang telah dipatentkan yang berfungsi untuk menentukan sebuah situs/web/blog mana yang lebih populer dibandingkan dengan situs/web/blog yang lainnya yang banyak (jutaan, puluhan juta, atau mungkin ratusan juta) tersebar di dunia internet. Pagerank blog merupakan salah satu fitur utama mesin pencarian Google (Google search engine) yang diciptakan oleh pendirinya Larry Page dan Sergey Brin.

Kembali kepada masalah menaikkan pagerank blog, sampai saat ini tidak ada seorang blogger/webmaster pun yang tahu secara pasti bagaimana sebenarnya model algoritma itu sendiri. Kita hanya dapat meraba berdasarkan asumsi-asumsi atau pengalaman praktek mengelola sebuah blog/web/situs. Oleh karenanya ada baiknya kita perhatikan tabel di bawah ini :

Praktek Blog
Tabel di atas merupakan tabel penentuan peringkat blog (pagerank blog) yang sepenuhnya didasarkan kepada sebuah backlink (yang berkualitas) yang berhasil dikumpulkan oleh sebuah blog/web/situs.

Asumsinya begini :
Untuk dapat memiliki pagerank 3, maka sebuah blog/web/situs, setidaknya membutuhkan 555 backlink dari blog/web pagerank 1 atau 101 backlink dari blog/web pagerank 2 atau 19 backlink dari blog/web pagerank 3 atau 4 backlink dari blog/web pagerank 4 atau masing-masing 1 backlink dari blog/web pagerank 5, 6, 7, 8, 9 atau 10. Demikianlah seterusnya.

Sejalan dengan asumsi-asumsi tersebut di atas, maka ijinkan saya pada saat ini untuk sekedar memberikan saran-saran yang dapat kita lakukan untuk menaikkan pagerank blog yang kita miliki, sebagai berikut  :

1. Membuat posting yang relevan dengan judul atau thema blog
Posting atau artikel blog pada dasarnya merupakan komponen utama dan terpenting bagi keberadaan suatu blog/situs/website, oleh karenanya posting atau artikel yang relevan sudah barang tentu menjadi syarat utama keberadaan suatu blog atau website. Artinya : bilamana kita memiliki blog atau website yang kita rancang untuk menjual sesuatu barang atau produk, hendaknya memiliki 80 % konten yang berisi tentang barang atau produk yang kita jual tersebut. Sedangkan yang sisanya dapat kita isi dengan artikel-artikel atau postingan yang berthema lain (agar blog kita tersebut dapat bersifat dinamis dan tidak monoton).

2. Tukar Link atau Link Exchange dengan sesama blogger
Metode tukar-menukar link-blog atau yang lebih familiar dengan sebutan link-exchange hingga saat ini masih dipandang sebagai suatu senjata yang cukup ampuh dalam rangka meraih atau mengumpulkan backlink dari website/blog-blog lain, utamanya website/blog-blog yang sudah terkenal serta memiliki kredibilitas tinggi (dalam arti memiliki page rank dan alexa rank yang bagus atau tinggi).

3. Membuat backlink berkualitas dengan memanfaat Dummy Blog
Dummy Blog pada dasarnya adalah merupakan sebuah blog pendukung yang sengaja dibuat untuk proses berternak link (link-farm) bagi blog utama. Metode pembuatan Dummy Blog ini sama persis dengan kita membuat blog utama, hanya perbedaannya terletak pada artikel atau postingan-postingannya yang lebih banyak berisi anchor-text link postingan yang terdapat pada blog utama.

4. Jangan sering melakukan penggantian template blog
Sebagai seorang blogger kita tentunya berkeinginan untuk memiliki sebuah blog yang mampu tampil maksimal dalam artian mampu tampil profesional atau paling tidak lebih bagus dari blog-blog lainnya. Dalam kerangka pola pemikiran yang demikian ini, salah satu upaya paling singkat dan mudah adalah dengan cara mengganti template blog. Pergantian template blog ini tidak selamanya membawa dampak yang positip bagi keberadaan blog yang kita miliki. Sebagai suatu contoh, saya pernah mengganti template blog yang telah memiliki pagerank blog #3, namun begitu saya mengganti dengan template yang lebih bagus, besoknya pagerank blog langsung jatuh menjadi page rank #2. Upaya bijaksana untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara memaksimalkan template blog yang ada agar lebih SEO Friendly.

5. Lakukan update blog secara berkala
Melakukan update blog secara berkala dan sistematis dapat berdampak positip terhadap keberadaan blog yang kita miliki, hal ini telah saya praktekkan pada blog MUSIK DIGITAL ini. Hasil dari update berkala ini dapat anda rasakan langsung saat anda melakukan proses compare blog yang mana akan terlihat semakin banyak unique-visitor yang menuju ke blog anda. Hasil lainnya adalah Goggle akan menganggap blog anda sebagai suatu blog yang dinamis dan bukan hanya sebagai Dummy Blog (blog farm) belaka.

6. Berkomentar pada blog-blog do-follow
Metode meninggalkan komentar pada blog-blog do-follow akan berdampak positip terhadap perolehan backlink blog yang anda miliki. Saya sering mempraktekkan cara ini, disamping sebagai ajang silahturahmi kepada pemilik blog (lain) tersebut, juga dalam rangka untuk menanamkan link artikel blog yang saya miliki untuk menambah koleksi backlink blog.

7. Ubah disain atau tampilan blog anda menjadi lebih dinamis-profesional
Mengubah disain atau tampilan blog agar mampu tampil dinamis-profesional tidak berarti kita menambah widget-widget yang tidak terlalu berfungsi atau malah membuat tampilan blog kita menjadi membingungkan para visitor. Disainlah blog anda sehingga dapat menjadi lebih sistematis, dinamis, profesional (menghilangkan kesan blog gratisan) dan menyenangkan.

Demikianlah uraian saya tentang kiat-kiat menaikkan pagerank blog, semoga bermanfaat.

7 komentar:

  1. CARA GAMPANG Menaikkan Google pagerank .... gampang-gampang susah...

    BalasHapus
  2. menaikkan pagerank memang hal yang bisa di bilang gampang tapi susah...
    di tambah faktor keberuntungan juga, karena google tidak menentukan kriterian khusus satu blog yang akan mendapatkan pagerank..

    yang penting tetap blogging dan nikmati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ada mas bro, begini nih, pagerank blog sangat ditentukan oleh pagerank dari masing-masing halaman postingan, coba anda perhatikan dan amati pada blog anda sendiri, berapa halaman postingan blog anda yang telah mendapat pagerank tinggi. Untuk mengeceknya dapat anda gunakan SEO Quake. Trims

      Hapus
  3. yang penting banyak-banyak posting dan blogwalking sob,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memperbanyak postingan adalah cara alternatif asalkan postingan tersebut original dan bukan dari hasil copy-paste. Trims.

      Hapus
  4. klo bleh ku tambahin...,
    perbanyak teman n saling tuker link

    salam kenal yaa..,
    please kommen n follow balik yaa

    http://cumapian.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada betulnya juga, namun satu hal yang perlu diperhatikan, untuk tukar menukar link harus dengan blog atau situs yang relevan, artinya memiliki thema yang sama atau hampir sama, nah inilah yang disebut dengan backlink yang relevan. Trims.

      Hapus

Designed By Blogger Templates | Modified by Praktek Blog