Latest Post

Senin, 04 Juni 2012

MEMBUAT SEMUA ARTIKEL TERINDEKS GOOGLE

Unknown | 07.01 |

Praktek BlogPRAKTEK BLOG. Membuat semua artikel (postingan blog) terindeks Google search engine hendaknya kita lakukan terlebih dahulu sebelum kita menaikkan pagerank blog. PRAKTEK BLOG kali ini akan memberikan cara-cara yang paling sederhana agar semua artikel (postingan blog) yang kita miliki dapat terindeks oleh Google search engine secara sempurna.

Untuk membuat semua artikel terindeks Google, kita hanya membutuhkan bantuan satu alat (tool) yang telah disediakan oleh Google, yang terkenal dengan sebutan Google Webmaster Tools. Tool ini memiliki berbagai fitur yang memang sangat dibutuhkan oleh para webmaster (pemilik web/blog). Pengoperasian tool ini sangatlah mudah, cukup kita memiliki sebuah akun Gmail untuk dapat mengaksesnya.

Baiklah tanpa berpanjang kata lagi, pertama-tama masuklah ke Google Webmaster Tool tersebut, kemudian carilah web/blog anda yang ingin anda optimalkan artikel-artikelnya. Selanjutnya kita masuk pada proses-proses berikut  :

Pertama, lakukan proses site-verification yang bertujuan untuk memberitahukan atau tepatnya mendaftarkan blog/web yang kita miliki pada mesin pencarian Google. Langkahnya. lihat ke bagian kiri pada layar, pilih Configuration lanjutkan Users, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :

Praktek Blog
Praktek Blog
Selanjutnya, pilihlah owner verification pages dan lanjutkan dengan memilih verify using a different method, pilih HTML tag, maka akan muncul kode Google verification yang harus dipasangkan pada blog anda, contohnya seperti gambar di bawah ini.

Praktek Blog
Copy kan kode verifikasi yang telah diberikan tersebut ke dalam HTML Template blog anda dan letakkan diantara <head> sampai dengan </head>. Simpan template anda, kemudian kembali ke Webmaster Tool dan pilihlah Verify. Proses pertama telah selesai.

Kedua, melakukan proses submit sitemap blog anda, yaitu dengan cara kembali ke Webmaster Tools, lihat sebelah kiri, kemudian pilihlah Optimization dilanjutkan dengan Sitemap, Add/Test Sitemap maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :

Praktek Blog
Masukkan Script berikut atom.xml? pada kotak kosong di bawah tulisan ADD/TEST SITEMAP, kemudian pilihlah Submit Sitemap, dan dilanjutkan dengan refresh. Tunggu sejenak, maka akan ditampilkan respin dari tool ini pada layar bagian bawah.

Lakukan hal yang sama, dengan mengganti script berturut-turut seperti di bawah ini :

rss.xml
feeds/posts/default
feeds/posts/default?alt=rss
Dan bilamana anda memiliki artikel berjumlah 100 lebih dan di bawah 500 artikel, tambahkan proses tersebut dengan mengganti script seperti di bawah ini :
/atom.xml?redirect=false&amp;start-index=1&amp;max-results=500 

Selesailah sudah proses yang kedua, dan dengan demikian, maka semua artikel (postingan) yang ada dalam  blog kita telah terindeks oleh Google search engine.

Sampai di sini dulu, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Blogger Templates | Modified by Praktek Blog